Kekurangan Ads di Social Media


Setelah rilis lagu di Spotify, Apple Music, YouTube Music dll, langkah berikutnya adalah promosi. Dan salah satu promosi digital terbaik saat ini adalah melalui social media ads (iklan berbayar di sosial media).

Iklan di social media bisa menjangkau orang-orang di luar circlemu. Ya, meskipun menjanjikan, ada beberapa resiko yang perlu diketahui tentang penggunaan Ads di sosmed:

  • Meningkatnya bot di social media menjadikan iklan bukan hanya di view & click oleh manusia, tapi juga bot yang diprogram secara otomatis untuk terlibat di media sosial layaknya user yang aktif. Dengan kata lain, bot hanya menghabiskan biaya iklan.
  • Kejenuhan pengguna terhadap konten iklan, hal itu terjadi karena semakin banyak orang berbondong-bondong mempromosikan barang-barang mereka ke media sosial.
  • Tidak selalu untuk keuntungan pengiklan, perlu diingat bahwa platform media sosial juga terus-menerus mengubah cara kerja algoritma & programnya untuk menghasilkan keuntungan bagi bisnis mereka.
Dengan mengetahui kekurangannya, bisa menjadi pertimbanganmu untuk semakin meng-efektifkan penggunaannya dengan menganalisis target, demography, area dan berbagai pengaturan yang tersedia di ads manager, agar dana yang dikeluarkan sebanding dengan pencapaian termasuk toleransi resikonya.

Sumber:
https://www.ftc.gov/reports/
https://www.reddit.com/r/WeAreTheMusicMakers/
image: yooreka.id