Cara Lagumu Masuk Berbagai Jenis Playlist Spotify

Agar lagu yang sudah dirilis ke Spotify bisa didengar lebih banyak listeners, salah satu cara terbaiknya adalah "playlisted". Playlist adalah daftar putar yang berisi lagu-lagu dimana biasa memiliki kesamaan karena kategori tertentu. Di Spotify, ada 3 jenis playlist dan berikut berbagai cara untuk lagumu di libatkan di berbagai playlists:



Playlist Editorial

Jenis playlist  yang dibuat oleh kurator Spotify dari seluruh dunia. Untuk bisa masuk ke playlist editorial, kamu perlu merilis lagu dengan schedule date setidaknya 2 minggu kedepan, kemudian lagumu akan ada di Upcoming Release di Spotify for Artists dan bisa di pitching agar didengar oleh kurator Spotify. Beberapa contoh playlist editoral adalah;


Algorithmic Playlists

Adalah playlist otomatis dari Spotify official yang disesuaikan dengan selera musik user. Semakin banyak user yang play, like, dan save lagu-lagu kamu, maka akan semakin memungkinkan masuk "Algorithmic Playlists". Yaitu;

  • Daily Mix
    update setiap hari dan dapat menampung berbagai jenis genre music
  • Release Radar
    update mingguan dengan 2 jam musik yang merupakan rilisan baru dari artis yang diikuti.
  • Discover Weekly
    update setiap hari Senin dengan menghadirkan artis yang cocok dengan selera musik user dan orang lain dengan preferensi musik yang sama.


User-created playlists

Playlist yang dibuat oleh pengguna Spotify. Mintalah teman, fans dan pendengar musikmu untuk memplaylistkan lagumu. Selain itu, kamu juga bisa submit ke playlists dengan pendengar dan follower yang banyak, misalnya playlists yang dikelola oleh Nextsongs team.